berita / Berita / Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba
13 March 2018, 06:08:40 PM

Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba

Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba

Event-event lari mulai marak di Indonesia. Untuk tahun ini, tercatat 200 event lari akan digelar diberbagai daerah di Indonesia. Fituno 10K Challenge salah satunya yang akan digelar di Bandung, 25 Maret 2018.  Untuk menghadapi event lari jarak jauh dibutuhkan persiapkan khusus, terutama bagi non atlet. Di antaranya, carbo-loading, tablet garam agar terhindar dari kram hingga gel energi atau suplemen energi untuk menjaga kadar gula darah.

Latihannya pun membutuhkan persiapan yang intensif hingga empat bulan. Tak hanya itu, mental pun harus dipersiapkan, karena untuk pelari pemula perasaan ingin menyerah kerap muncul di setiap kilometer, saat badan sudah terasa cape. Kondisi seperti merupakan kondisi dimana otot dan otak sedang memperebutkan gula darah.

Jika kalian ingin berlari cukup jauh, namun tidak memerlukan persiapan ribet, jarak 10 kilometer adalah jarak paling pas, karena mudah dilakukan. Berikut ini tips yang patut kalian coba untuk mempersiapkan lari 10K.

  1. Pilih sepatu khusus lari

Sepatu olahraga berbeda dengan sepatu khusus lari. Jika Anda hanya ingin berlari dua kilometer, sepatu olahraga masih relevan atau nyaman digunakan. Lebih dari itu, lama-kelamaan kaki akan terasa sakit, karena sepatu lari didesain ringan, memiliki material yang berpori agar kaki tidak panas, dan mememiliki beberapa jenis pilihan sesuai bentuk kaki.

  1. Lakukan latihan secara bertahap

Untuk pemula, ada baiknya mengawali lari mulai dua kilometer atau sekitar 4-5 kali mengitari lapangan sepak bola. Dua kilometer (baca. 2K) adalah jarak yang biasa ditempuh oleh siapapun yang rutin berolahraga. Jika sudah terbiasa, lanjutkan dengan 5K, 8K, kemudian 10K. lakukan secara bertahap agar tubuh bisa beradaptasi.

  1. Gunakan pakaian yang cocok

Jika Anda mencoba lari 10K, jangan pernah menggunakan jaket sauna, karena lari jarak jauh akan meningkatkan suhu tubuh. Sebaiknya gunakan kaos berbahan climalite atau yang langsung mengeluarkan panas tubuh. Tidak pula disarankan menggunakan bahan katun, karena keringat akan terserap di pakaian dan membuat baju basah. Begitupun dengan celana. Gunakan celana khusus lari yang ringan dan bisa membuang panas tubuh.  

  1. Jangan remehkan cidera

Jika dalam proses Anda mengalami rasa sakit, itu berarti ada yang salah dalam lari, seperti salah beli sepatu, terlalu intens latihan. Berikan jeda waktu untuk pemulihan dan lakukan juga cross training. Artinya, jangan hanya membentuk otot bagian perut ke bawah saja, tapi juga bagian perut ke atas. Anda bisa melakukan renang, sepeda, gym, yoga, dan lainnya.

  1. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas melatih disiplin berlatih, karena memiliki jadwal rutin. Ada pepatah mengatakan ‘Jika ingin berlari kencang, larilah seorang diri. Namun, jika ingin berlari jauh, larilah bersama-sama.’

  1. Pantau proses latihan
Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi di smartphone untuk memantau aktivitas olahraga. Berbekal aplikasi ini, kita bisa mengawasi berapa jarak lari, kecepatan, kalori terbakar, dan lainnya. Ini akan membuat kita semakin termotivasi dan juga disiplin dalam latihan.
Share This Page    
 
olahraga-bikin-bahagia-masa-sih!-229a35.jpg
Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba
19 March 2018, 03:33:10 PM
Lelah, stress ataupun merasa tidak bahagia kerap dirasakan orang. Terutama saat mendapatkan tekanan....
kombinasi-olahraga-kardio-dan-angkat-beban,-efektif-turunkan-berat-badan-216482.jpg
Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba
19 March 2018, 03:31:45 PM
Olahraga, cara yang terbukti efektif menurunkan berat badan ideal, namun dari semua jenis olahraga, ...
tips-cegah-cidera-saat-olahraga-204121.jpg
Anda Pemula Lari 10K? Ini Kiat Sukses yang Patut Dicoba
16 March 2018, 08:44:40 PM
Olahraga baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, namun bila dilakukan tanpa jeda atau memforsir tu...
Kategori
© 2017 Kimia Farma. All Rights Reserved.