berita / Kandungan / Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh
30 November 2017, 04:13:59 PM

Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh

JIKA terjadi pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan, atau sebaliknya, banyak orang yang terkena influenza seperti batuk dan pilek. Penyebabnya beragam. Salah satunya adalah menurunnya kekebalan tubuh sehingga memudahkan zat asing seperti virus atau bakteri patogen masuk ke dalam tubuh. Sebenarnya hal tersebut dapat dicegah dengan cara menjaga kesehatan tubuh seperti berolah raga, memakan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan lain-lain. Selain itu, kita juga dapat mengonsumsi tanaman yang memiliki khasiat mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu tanaman tersebut adalah echinacea.

Echinacea atau Purple Coneflower adalah tanaman bunga berwarna ungu dan termasuk ke dalam famili Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Echinacea telah dikenal sebagai tanaman obat sejak dahulu, dimulai oleh suku Indian Amerika Utara. Mereka menggunakannya untuk pengobatan tradisional jika terkena gigitan ular dan serangga beracun. Mereka juga mengonsumsi echinacea untuk meredakan nyeri gigi, nyeri tenggorokan, menyembuhkan luka, dan mengatasi penyakit gondok dan cacar.

Pada abad ke-19, echinacea digunakan untuk membersihkan darah dan meredakan nyeri kepala. Kemudian pada abad ke-20, echinacea mulai digunakan untuk mengobati influenza dan sebagai antiinfeksi sebelum ditemukan antibiotik modern. Kemudian pada tahun 1930, para peneliti Jerman mulai mempelajari tanaman echinacea, kandungan kimianya, dan pengaruhnya terhadap kekebalan tubuh. 

Khasiat

Tanaman echinacea terdiri dari beberapa spesies. Namun, yang paling sering digunakan untuk pengobatan adalah Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia, dan Echinacea pallida. Banyak sekali manfaat yang didapat dari echinacea. Umumnya echinacea digunakan untuk pengobatan influenza, infeksi saluran kemih, pembengkakan kelenjar getah bening, dan juga dapat mengatasi infeksi kulit, luka, dan eksim.

Berdasarkan penelitian ilmiah, echinacea memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan kadar interferon, menstimulasi fagositosis untuk mendukung sel darah putih dan limfosit melalui pelepasan tumor necrosis factor, interleukin-1, dan interferon beta-2 hingga mampu menyerang organisme asing yang masuk ke dalam tubuh.

Aksi echinacea yang lebih spesifik yaitu dengan cara meningkatkan jumlah dan aktivitas sel imun termasuk sel antitumor, meningkatkan aktivasi sel T, menstimulasi pertumbuhan jaringan baru untuk penyembuhan luka, mengurangi inflamasi pada artritis (radang sendi), dan kulit yang terkena inflamasi.

Echinacea juga mampu menghambat pertumbuhan virus, protozoa, dan jamur. Selain itu, bersifat bakteriostatik yaitu menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim hyaluronidase yang dihasilkan bakteri untuk memasuki jaringan tubuh dan menyebabkan infeksi. Ini mengakibatkan bakteri tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh yang sehat. Bakteri yang mampu dihambat oleh echinacea adalah dari golongan bakteri Staphyilococcus dan Streptokinase.

Hal ini didukung oleh beberapa hasil riset para pakar. Menurut penelitian klinik oleh Jurcic, penggunaan ekstrak echinacea dapat meningkatkan 50-120 persen fungsi kekebalan tubuh dalam periode lima hari (Jurcic, 1989). Penelitian Braunig juga menunjukkan penggunaan ekstrak echinacea mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu dan mengurangi gejala pembengkakan kelenjar getah bening dan nyeri kepala (Braunig, 1992). Hasil penelitian yang dilakukan Wacker & Hilbig juga menunjukkan sekira 85 persen dari 4.500 penderita yang mengalami inflamasi kulit dapat sembuh dengan penggunaan topikal salep echinacea (Wacker & Hilbig, 1978).

Kandungan kimia

Banyak sekali kandungan kimia yang terdapat dalam echinacea, yaitu polisakarida, termasuk arabimosa, xylosa, galaktosa, glukosa dan asam glukuronat. Echinacea juga mengandung minyak esensial, glikoprotein, poliasetilen, betain, glikosida, seskuiterpen, dan cariophylen. Kandungan kimia lain yaitu echinachen, echinacein, echinolone, echinacoside, echinacin, tanin, vitamin C, A, dan E, inulin, inuloid, betaine, asam lemak, asam oleat, dan protein.

Diperkirakan echinacein yang dapat menghambat sekresi enzim hyaluronidase pada bakteri penyebab infeksi. Echinacoside juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan kimia lain yang diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh adalah polisakarida yang memiliki berat molekul tinggi seperti heteroxylan, arabinoglactan, dan inulin.

Bagian tanaman echinacea yang digunakan pada awalnya adalah akar, tetapi sekarang, semua bagian tanaman seperti akar, daun, bunga dan bijinya pun mulai digunakan. Echinacea memang telah dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya. Akan tetapi, echinacea tidak dapat diberikan kepada orang yang memiliki penyakit autoimun seperti penyakit lupus, rheumatoid arthritis (rematik), dan juga kepada penderita tuberkulosis, multiple sclerosis, leikosis, penderita HIV dan AIDS. Para peneliti meyakini jika penderita yang memiliki penyakit seperti disebutkan di atas mengkonsumsi echinacea, malah akan memperparah sistem imun dalam tubuh.

Echinacea memang tidak tumbuh di Indonesia. Tanaman tersebut hanya mampu tumbuh di Amerika, terutama daerah Amerika Utara. Walaupun begitu, kita masih dapat mengonsumsi echinacea. Saat ini banyak sekali food suplemen yang beredar di Indonesia dan dalam salah satu komposisinya terdapat echinacea. Jadi, jika kita ingin meningkatkan kekebalan tubuh, salah satu alternatifnya adalah dengan mengonsumsi echinacea.*** PR-Kamis, 26 Januari 2006

Nur Susianti

Apoteker, lulusan Farmasi, Universitas Padjadjaran.

 

Share This Page    
 
olahraga-bikin-bahagia-masa-sih!-229a35.jpg
Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh
19 March 2018, 03:33:10 PM
Lelah, stress ataupun merasa tidak bahagia kerap dirasakan orang. Terutama saat mendapatkan tekanan....
kombinasi-olahraga-kardio-dan-angkat-beban,-efektif-turunkan-berat-badan-216482.jpg
Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh
19 March 2018, 03:31:45 PM
Olahraga, cara yang terbukti efektif menurunkan berat badan ideal, namun dari semua jenis olahraga, ...
tips-cegah-cidera-saat-olahraga-204121.jpg
Echinacea Tingkatkan Kekebalan Tubuh
16 March 2018, 08:44:40 PM
Olahraga baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, namun bila dilakukan tanpa jeda atau memforsir tu...
Kategori
© 2017 Kimia Farma. All Rights Reserved.